Rabu, 04 November 2015

UKG Tidak Berhubungan Dengan Tunjangan Profesi Guru

Posted by SDN Sidomulyo 1 Kebonagung On 20.21 No comments


Terbaru para guru berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk mengikuti Uji Kopetensi Guru (UKG) karena disinyalir uji kopetensi ini berhubungan dengan pencairan tunjangan profesi guru. Namun mereka guru yang pragmatis harus bersiap kecewa karena Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud membantah bahwa UKG tidak berhubungan dengan tunjangan profesi guru melainkan untuk pemetaan kualitas kompetensi guru di Indonesia.
Sumarna Surapranata selaku Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan menjelaskan, Guru yang mengikuti UKG adalah guru yang telah lolos seleksi verifikasi dan validasi. “Guru yang tidak dapat mengikuti UKG adalah Guru yang diangkat oleh sekolah atau satuan pendidikan tanpa aturan yang baku, dan guru yang tidak memiliki database di Dinas Pendidikan setempat” Ucapnya dilansir dari situs media guru.
Lebih lanjut Sumarna Surapranata mengatakan bahwa ada guru calon peserta UKG dicoret. Calon peserta UKG dicoret karena diketahui bukan guru. Contohnya yang terjadi di Pekalongan, banyak ditemukan laboran dan pustakawan yang ikut-ikutan mendaftar untuk mengikuti UKG. Hal tersebut mereka lakukan karena mereka beranggapan bahwa ketika lulus UKG, maka akan mendapatkan tunjangan profesi.

Kemendikbud terus berkoordinasi dengan pemda-pemda terkait pendaftaran UKG itu. Dia berharap dengan UKG ini Kemendikbud bisa menemukan landasan pengambilan kebijakan pembinaan untuk peningkatan kualitas guru. Mayoritas pelaksanaan UKG dilakukan secara online melalui sistem Computer Baset Test (CBT). Sedangkan ada sebagian kecil daerah yang masih menjalankan UKG berbasis ujian tulis kertas. 


fROM : http://pachenews.com/blog/2015/10/08/ukg-tidak-berhubungan-dengan-tunjangan-profesi-guru/
 

0 komentar:

Posting Komentar