Selasa, 07 Oktober 2014

Berapa Hasil Perhitungan 5+1x2? 7 atau 12

Posted by SDN Sidomulyo 1 Kebonagung On 23.23 No comments

Belajar Matematika dengan Ceria

Ilustrasi Guru Matematika 

Matematika itu susah, kata sebagian pelajar yang memang menganggap matematika itu tidak mudah. Namun tahukah anda matematika bisa jadi pelajaran yang sangat menyenangkan jika kita bisa menggunakan metode lain dalam belajar ilmu hitung dan ukur ini

Salah satu metode yang menurut saya menyenangkan adalah pertanyaan pada judul diatas, saya yakin kita sudah diajarkan teknik operasi perhitungan matematika sejak sekolah dasar berupa perkalian,pembagian,penambahan, dan pengurangan. Hanya saja ketika muncul kasus perhitungan tanpa menggunakan blanket atau tanda kurung maka kadang-kadang muncul perdebatan atau bisa dikatakan diskusi menarik. Bahkan ada juga yang belum mengetahui bagaimana pola penggunaan operasi perhitungan dalam matematika.
Disini saya ingin berbagi cerita ceria tentang matematika, jika ada kasus perhitungan 5+1x2 maka berapakah hasilnya? Sebagian ada yang menjawab 7 dan ada juga yang menjawab 12. Koq bisa timbul dua jawaban? Padahal dalam matematika jawaban dalam perhitungan itu umumnya mutlak dan tunggal kecuali memang diberi tanda khusus dalam persamaannya.

Bagi penjawab angka 12 alasannya adalah operasi bilangan yang disebelah kiri yaitu penjumlahan 5+1 dilakukan terlebih dahulu kemudian baru hasilnya dikalikan dengan angka berikutnya yaitu 2. Jadi prosesnya seperti berikut:
5+1=6 kemudian 6x2=12

Namun bagi sebagian yang menjawab 7 menurut mereka operasi perkalian harus dilakukan terlebih dahulu kemudian pertambahan. Urutannya 1x2 adalah 2 lalu hasilnya ditambahkan dengan 5 maka hasil akhir adalah 7.

Siapa yang benar? Jika kita benar-benar memahami dan mempelajari matematika secara sederhana maka tidak akan muncul dua jawaban melainkan satu saja. Menurut kesepakatan ahli matematika saat ini yang bisa dilihat disini maka jika tidak ada tanda kurung dalam operasi itu perkalian harus dilakukan terlebih dahulu dengan urutan dari kiri ke kanan (jika ada dua operasi perkalian dalam satu soal) kemudian setelah perkalian operasi yang dilakukan adalah penjumlahan. Dengan demikian hasil akhir yang benar dan sesuai kesepakatan dalam dunia matematika adalah 7 karena perkalian menjadi operasi pertama yang harus dilakukan. Urutan dalam operasi matematika adalah:
1. Jika ada tanda kurung maka dahulukan operasi matematika dalam tanda kurung
2. Perkalian atau pembagian menjadi fungsi operasi yang didahulukan dengan urutan bilangan kiri ke kanan
3. Penjumlahan  atau pengurangan menjadi fungsi operasi setelah perkalian dan pembagian dengan urutan yang sama
4. Jika ada tanda pangkat maka bilangan dengan tanda pangkat harus dibulatkan dahulu menjadi angka numerik dengan pola bilangan yang sebelah kiri didahulukan misalkan kasus 5^2x4^3 maka angka 5^2 harus didahulukan sebelum pemangkatan angka 4

Bagaimana jika 5+2x1? Selamat belajar.... 


Dari Kompasiana

0 komentar:

Posting Komentar